Selasa, 03 Januari 2012

Metode Pembelajaran Pendidikan Islam

Sementara itu Ar-Ma’i Arif menjelaskan tentang metode-metodeyang dapat dipakai dalam pembelajaran pendidik an Islam adalah sebagaiberikut:1) Metode ceramahYang di maksud ceramah adalah penerangan dan penuturansecara lisan oleh guru kepada kelas. metode ini merupakan metodeyang sering di pakai oleh seorang guru dalam menyampaikan suatumateri pelajaran. Walaupun demikian, seringkali metode ceramah itumendapat kritik dengan alasan sebagai berikut : Metode ini hanyamelibatkan para pesertanya secara minimal sekali. Metode inimembosankan para peserta. Penyajian informasi tidak memilikicatatan yang dapat di pakai seandainya mengulangnya kembali.Metode ini sudah dipakai sejak zaman para nabi dan jugaRasulullah SAW. Dan metode ini merupakan cara yang paling awalyang dilakukan. Dan karakteristik yang menonjol dari metode ini adalah peranan guru tampak lebih dominan. Sementara siswa lebihbanyak pasif dan menerima apa yang disampaikan oleh guru. 55Prosedur pelaksanaan teknik ceramah dapat di mulai daripersiapan dengan menyediakan bahan, menjelaskan tujuan denganpeserta didik serta membangkitkan persepsi pada siswa untukmemahami dan mengkonsentrasikan pada pelajaran dan penyajianbahan yang berkenaan dengan pokok masalah. Perbandingan abstraksi,generalisasi (dengan menampilkan kesimpulan) dan aplikasipenggunaannya. Untuk kelancaran metode ceramah kita perluberdo’a, sebagaimana firman Allah Swt. Dalam surat Thaha ayat 25-28 yang berbunyi:
Artinya: "Berkata Musa: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukkudadaku, Dan mudahkanlah untukku urusanku, Danlepaskanlah kekakuan dari lidahku, Supaya mereka mengertiperkataanku." (QS. Ath-Thaha: 25-28).Metode ceramah dapat digunakan apabila: Guru akanmenyampaikan fakta atau pendapat dimana tidak terdapat bahanbacaan yang menerangkan fakta atau pendapat yang di maksud. Apabila guru harus menyampaikan fakta pada siswa yang besarjumlahnya, dan karena besarnya kelompok maka metode-metode yanglain tidak mungkin di pergunakan. Apabila guru adalah pembicarayang bersemangat dan akan merangsang siswa untuk melaksanakansuatu pekerjaan.Apabila guru akan menyampaikan pokok yang pentingyang telah dipelajari oleh siswa untuk memungkinkan siswa-siswamelihat lebih jelas perhubungan pokok yang satu dengan yang lain.Apabila guru akan memperkenalkan pokok baru dalam rangkapelajaran yang lalu.58Keuntungan dari metode ceramah adalah guru dapat menguasaiseluruh arah dan organisasi kelas adalah sederhana. Sedangkankelemahan dari metode ceramah adalah guru tidak dapat mengetahuisampai dimana siswa telah mengerti (memahami) yang telahdibicarakan, pada siswa dapat terbentuk konsep yang lain dari padakata-kata yang dimaksudkan oleh guru tersebut. 2) Metode tanya jawabMetode tanya jawab adalah penyampaian pelajaran denganpara guru mengajukan pertanyaan dan murid menjawabnya. Dalamsejarah perkembangan Islampun dikenal metode ini, karena seringdipakai oleh para Nabi Saw. Dan Rasul Allah dalam mengajarkanajaran yang dibawanya kepada umatnya. Metode tanya jawab sangat efektif untuk dipakai karena metode ini dapat memudahkan kita dalammendapatkan pengertian dan pemahaman yang lebih mantap, sehinggasegala bentuk kesalahpahaman dan kelemahan daya tangkap terhadappelajaran dapat dihindarkan semaksimal mungkin. 59Dalam metode tanya jawab guru pada umumnya berusahamenanyakan apakah siswa telah mengetahui fakta tertentu yang sudahdiajarkan atau apakah proses pemikiran yang dipakai oleh siswa dalammetode diskusi, pertanyaan guru lebih diarahkan untuk merangsangsiswa mempergunakan fakta yang lebih kompleks. Pertanyaan tidakbersifat faktual sebab itu juga maka jawabnya tidaklah bersifat tunggalatau mutlak.Metode tanya jawab di gunakan sebagai upaya untukmeninjaupelajaran yang lalu, agar siswa memusatkan lagi perhatian tentangjumlah kemajuan yang telah dicapai sehingga dapat melanjutkanpelajaran berikutnya.Mengulangi pembicaraan untuk mendapatkan kerja sama siswaatau mengikut sertakan semua siswa.Menangkap perhatiansiswa.Memimpin pengamatan dan pemikiran siswaKebaikan penggunaan metode tanya jawab adalah sebagaiberikut; Sambutan kelas, tanya jawab dapat memperoleh sambutanyang lebih aktif bila dibandingkan dengan hasil dari metode ceramah.

memberi kesempatan kepada siswa untuk menggunakan halhalyang belum jelas atau belum dimengerti sehingga guru dapatmenjelaskan kembali. mengetahui perbedaan pendapat antara siswadan guru, dan akan membawa ke arah suatu diskusi.Sedangkan kebur uhan dari metode tanya jawab adalah bisamenimbulkan penyimpangan dari pokok persoalan. Lebih- lebih jikasiswa memberi jawaban atau memajukan pertanyaan yang dapatmenimbulkan beberapa masalah baru dan kemudian menyimpang daripokok persoalan atau menimbulkan pokok pembicaraan baru danbanyak membutuhkan waktu.Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam penggunaanmetode tanya jawab agar berhasil adalah sebagai berikut; Merumuskantujuan sejelasnya dalam bentuk khusus dan berpusat pada tingkah lakumurid. Mencari alasan mengapa mempergunakan metode-metodetanya jawab. Menetapkan kemungkinan jawaban pertanyaan ituapakah mengandung banyak masalah ataukah hanya terbatas padajawaban ”ya” atau ”tidak”. Menetapkan kemungkinan jawaban untukmenjaga agar tidak menyimpang dari pokok persoalan.Langkah-langkah yang ditempuh dosen bila ia melaksanakanmetode tanya jawab adalah sebagai berikut : dosen mula-mula menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan materi yang dibahas.Mahasiswa yang ditunjuk menjawab pertanyaan itu. Bila jawabanmahasiswa kurang tepat, maka pertanyaan itu dilemparkan padamahasiswa yang lain. Bila mahasiswa itu masih sukar menjawab makadosen membantu menjawab dengan cara menunjukkan alat peragayang relevan. Bantuan kepada proses berpikir mahasiswa dapat pulaberupa contoh-contoh kongkret yang terdapat di masyarakat ataulingkunganBila dengan bantuan alat mahasiswa belum bisa menjawabdengan tepat maka dosen memberi kesempatan kepada paramahasiswa untuk bertanya jawab antar mereka. Tanya jawab di atassering dilanjutkan dengan tanya jawab segi tiga yaitu antara dosendengan mahasiswa dan antara mahasiswa dengan mahasiswa. Bilasegala model tanya jawab menemui jalan buntu dalam artianmahasiswa tidak ada yang menjawab tepat, maka dosenlah yangmenjelaskan maksud dari jawaban soal tersebut secara mendalam, agarpara mahasiswa benar-benar memahaminya.3) Metode DiskusiSedangkan metode diskusi dalam proses belajar mengajaradalah sebuah cara yang dilakukan dalam mempelajari bahan ataumenyampaikan materi dengan jalan mendiskusikannya dengan tujuandapat menimbulkan pengertian serta perubahan tingkah laku padasiswa Al-Qur’an menganjurkan waktu melakukan diskusi atau musyawarah dalam rangka menari solusi, sebagaimana firman AllahSwt dalam surat Ali Imran ayat 159 yang berbunyi; Artinya: "…dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu.Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Makabertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukaiorang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." (QS. Ali-Imran: 159).Metode diskusi adalah suatu cara penyampaian pelajarandimana guru bersama-sama siswa mencari jalan pemecahan ataspersoalan yang dihadapi. Jadi, diskusi pada dasarnya adalah tukarmenukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secarateratur dengan maksud untuk mendapatkan pengertian bersama yanglebih jela s dan lebih teliti tentang sesuatu, atau untuk mempersiapkandan merampungkan keputusan bersama.


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2192350-metode-metode-pembelajaran-pendidikan-islam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar