Senin, 24 Oktober 2011

Logika Fisika"Yaumil Akhir"

Dan mereka yang beriman kepada Kitab yang diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, serta mereka yakin akan adanya hari akhir. (Al-Baqarah : 4).

PERCAYA akan adanya hari terakhir atau yaumil akhir adalah salah satu rukun iman agama Islam. Banyak umat sebelum periode kenabian Muhammad saw. yang diazab bahkan dimusnahkan karena mendustakan atau tidak percaya akan adanya hari akhir. Entah karena memang tidak percaya, entah karena tidak terbayangkan, bagaimana mungkin bumi dan alam semesta yang demikian kuat dan luas bisa hancur binasa, kekuatan apa kiranya yang dapat menyebabkan hancurnya alam semesta yang begitu kuat dan luas ini?

Banyak ayat Alquran yang menceritakan tentang hari kiamat (hancurnya bumi langit beserta segala isinya) dimulai dengan ayat: "Seandainya bumi diguncangkan dengan sedahsyat-dahsyatnya".. Peristiwa kehancuran bumi dan alam semesta ini dapat dijelaskan dengan pengetahuan fisika dasar yang sederhana.

Hal ini yang bisa kita ambil sebagai misal adalah permainan anak-anak yang bernama gasing. Ketika gasing berputar dengan kecepatan yang cukup, dia akan tetap berdiri tegak pada porosnya. Sama halnya dengan bumi yang juga berdiri dan berputar pada porosnya. Akan tetapi, ketika kecepatan berputar gasing menjadi sangat lambat, gasing pun jadi oleng dan posisi porosnya berubah-ubah ke berbagai arah hingga akhirnya berhenti berputar dan jatuh. Dengan kata lain, saat itu gasing tersebut bergoncang dengan kuat dan akhirnya berhenti berputar, jatuh dan mati. Dengan suatu sebab hal yang sama bisa saja terjadi pada bumi yang bergerak berputar pada porosnya.

Dengan pemikiran di atas, kita bisa bertanya, "Apa gerangan yang terjadi bila bumi yang berputar pada porosnya, mengalami guncangan seperti gasing yang akan berhenti berputar dan menyebabkan posisi poros bumi berubah-ubah". Jawabannya adalah bahwa ayat "Seandainya bumi diguncangkan dengan sedahsyat-dahsyatnya" dalam Alquran adalah suatu keniscayaan yang benar, logis, dan bisa terjadi kapan saja. Apalagi, bila mengingat bagian cerita dari peristiwa Isra Miraj Rasulullah Muhammad saw. yang mengindikasikan bahwa bumi ini sudah

1 komentar:

  1. After i looked the title of your creating I understand I have discovered the issues I actually want. Due to the writer and hope exchange one way links with you.

    BalasHapus