Jumat, 18 November 2011

analisis ski

STRUKTUR BUKU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MTs/SMP ISLAM KELAS VIII


Pengarang        : Mahrus As’ad, dkk

Penerbit            : Erlangga, Jakarta (2009)

BAB I  Sejarah islam pada masa Dinasti Abbasiyah

  1. Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah

  2. Tokoh-tokoh yang berjasa dalam Dinasti Abbasiyah

  3. Periodisasi kekuasaan Dinasti Abbasiyah


BAB II Perkembangan peradaban kebudayaan Islam pada masa Daulah Abbasiyah

  1. Perkembangan peradaban/kebudayaan Islam pada masa Daulah Abbasiyah

  2. Mengambil ‘ibrah dari perkembangan oeradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah


BAB III Ilmuwan-ilmuwan muslim pada masa Daulah Abbasiyah

  1. Tokoh-tokoh ilmuawan muslim dan perana mereka dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Abbasiyah

  2. Meneladani kegigihan dan keuletan Bani Abbas


BAB IV Berdirinya Dinasti Ayyubiyah

  1. Biografi Salahuddin Al-ayyubi

  2. Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah

  3. Salahuddin Al-ayyubi Pahlawan Islam dalam perang salib

  4. Meneladani sikap keperwiraan Al-ayyubi


BAB V Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah

  1. Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah

  2. Peran Al-azhar sebagai pusat pengembangan ilmu keislaman

  3. Berakhirnya Dinasti Ayyubiyah

  4. ‘ibrah dari perkembangan peradaban Islam pada masa Ayyubiyah


 

RPP untuk sub bab III “Tokoh-tokoh ilmuawan muslim dan peranan mereka dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Abbasiyah”

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Jenjang             : MTs Muhammadiyah Wonosari

Kelas / Semester          : VIII / 1 (Gasal)

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

 

Standar Kompetensi

Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah.

Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan peradaban islam pada masa Bani Abbasiyah.

Indikator

  1. Mengklasifikasi tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani abbasiyah.

  2. Menunjukkan peran tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah.

  3. Mengidentifikasi kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah.

  4.        I.            Tujuan Pembelajaran

    1. Siswa mampu mengklasifikasi tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah

    2. Siswa mampu menunjukkan peran tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah

    3. Siswa mampu mengidentifikasi kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

    4.     II.            Materi Pembelajaran

      1. Tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah

      2. Peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah

      3. Kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

      4.  III.            Metode Pembelajaran

        1. Ceramah

        2. Tanya jawab

        3. Penugasan

        4.   IV.            Langkah Pembelajaran

          1. Kegiatan awal

            1. Diawali dengan salam pembuka, dilanjutkan dengan membaca doa.

            2. Melakukan absensi serta mengkondisikan siswa agar siap mengikuti pelajaran.

            3. Guru melakukan apersepsi serta pembahasan sekilas tentang materi yang akan dibahas.









    5. Kegiatan Inti

      1. Guru menyuruh siswa membuka Buku Paket Sejarah Kebudayaan Islam.

      2. Guru menjelaskan materi tentang tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah, serta peran-perannya untuk Bani Abbasiyah, serta kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah.

      3. Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai materi yang telah dijelaskan.



    6. Kegiatan Akhir

      1. Guru memberikan tugas “mencatat tokoh-tokoh ilmuwan muslim Bani Abbasiyah, kemudian mendeskripsikan usaha-usaha para tokoh tersebut dalam memajukan ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah”

      2. Siswa dimotivasi agar giat belajar.

      3. Pelajaran diakhiri dengan membaca bacaan khamdallah dan ditutup dengan salam.

      4.      V.            Sumber Belajar

        1. Buku Paket Sejarah kebudayaan Islam Untuk MTs/SMP Islam kelas VIII.

        2.   VI.            Penilaian hasil belajar

          1. Tes tertulis melalui penugasan

          2. Pengamatan










 

 

 

 

                                           Wonosari,…………..2011










Mengetahui,Kepala Sekolah, 

 

Sumantri Wijaya

NIP. 19590819289036472
Guru SKI 

 

 

 

 

 

 

Pembahasan  Materi

TOKOH-TOKOH ILMUWAN MUSLIM DAN PERANAN MEREKA DALAM KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA ABBASIYAH




  1. A.       BIDANG KEDOKTERAN

    1. Zakariya Ar-Razi (809 M)




Razi dilahirkan di Ray, dekat Teheran, Iran pada tahun 809 M. di kota kelahirannya ia dikenal sebagai dokter dan memimpin sebuah rumah sakit.

Banyak penemuan Ar-razi dalam perkembangan ilmu kedokteran, antara lain: (1) Small-pox (penyakit cacar). Penemuan ini melambungkan namanya dalam dunia medis, sebab ia adalah sarjana pertama yang meneliti penyakit tersebut. Ia membedakan penyakit ini menjadi cacarair (variola) dan cacar merah (vougella). (2) Air raksa (Hg). Yaitu salah satu penemuan besar beliau dan banyak manfaatnya di dunia kedokteran. (3) Diagnose Hipertensi. Ar-razi adalah seorang dokter yang pertama kali melakukan diagnose terhadap hipertensi (darah tinggi).

  1. Ibnu Massawayh


Ia adalah dokter termasyur abad 9 M. Ia pernah bekerja sebagai dokter istana. Karya penting Ibnu Massawayh yaitu An-nawadir At-tibbiya (kumpulan aporisme medis), dan kitab Al-Azmina (sebuah deskripsi tentang ragam musim sepanjang tahun).

  1. Ibnu Sina (980 M)


Menurut Ibnu Sina, temperature, makanan, minuman, limbah, udara, keseimbangan gerak dan pikiran, tidur, dan kerja betpengaruh terhadap kesehatan. Tulisan yang paling terkenal dan banyak memberikan sumbangan dalam perkembangan dunia kedokteran adalah “Al-Qanunfi At-Tibb” (Undang-undang kedokteran). Buku ini berabad-abad telah menjadi buku yang menguasai dunia pengobatan di Eropa dan dijadikan sumber buku referensi kedokteran di berbagai perguruan tinggi di Perancis.

  1. B.       BIDANG FILSAFAT

  2. Al-Kindi


Al-Kindi dikenal sebagai filsuf muslim yang pertama karena ia adalah orang Islam pertama yang mendalami ilmu-ilmu filsafat. Hingga abad ke-7 M, pengetahuan filsafat masih didominasi orang-orang Kristen Suriah. Ia juga dikenal sebagai pemikir muslim pertama yang menyelaraskan filsafat dan agama. Al-Kindi memandang filsafat sebagai ilmu yang mulia. Ia melukiskan filsafat sebagai ilmu dari segala ilmu dan kearifan dari segala kearifan. Filsafat bertujuan untuk memperkuat kedudukan agama dan merupakan bagian dari kebudayaan Islam.

  1. Al-Farabi (870 M-950 M)


Al-Farabi lahir di Farab pada tahun 870 M. Nama lengkapnya adalah Abu Nasr Muhammad bin Muhammad bin Tarkhan bin Uzlag al-Farabi. Al-Farabi banyak belajar agama, bahasa Arab, bahasa Turki, dan bahasa Persi. Setelah dewasa, ia pindah ke Baghdad dan tinggal di sana selama 20 tahun serta mempelajari filsafat, logika, matematika, etika, ilmu politik, dan musik. Al-Farabi mengarang beberapa buku dalam berbagai bidang diantaranya logika, fisika, ilmu jiwa, kimia, ilmu politik, dan musik.

Dua karya besarnya dalam bidang filsafat yaitu Organon (buku berisi komentar dan ulasan Al-farabi tentang pikiran-pikiran Aristoteles) dan Introduction Section of Logic (buku tentang mukadimah logika)

  1. Ibnu Sina


Ibnu Sina adalah seorang filsuf. Karya-karya besar dari Ibnu Sina dalam bidang filsafat antara lain : Al-isyarah wa Tanbihat (isyarat dan penjelasan), Mantiq Al-masyriqiyyin (logika timur), dan Uyun Al-hikmah (mata air hikmah).

Dan diantara pikiran filsafatnya yang terkenal adalah:

  1. Tentang penciptaan alam semesta dengan jalan emanasi (memancar dari Tuhan).

  2. Konsep An-nafs (jiwa), menurutnya jiwa terbagi tiga yaitu: jiwa manusia, tumbuhan, binatang.

  3. Tentang wahyu, menurutnya manusia yang telah derajat akal terkuat dan tertinggi dapat mengadakan hbungan dengan jibril sebagaimana dialami para nabi dan rasul.

    1. C.       BIDANG MATEMATIKA

      1. AL-Khawarizmil (780 M)






Al-Khawarizmi terkenal dengan penemuannya tentang aljabar. Yaitu system hitungan nilaimenurut tempatnya. Sepertipuluhan, ratusan, ribuan. Karya-karya aljabarnya disebut “Al-Mukhtasarfi Hisab Al-Jabr wa Al-Muqabalah”.

  1. Abu Kamil Suja’


Ia digolongkan sebagai ahli aljabar tertua setelah Al-Khawarizmi. Karya-karya besar dari Abu Kamil As-Suja’ antara lain:

  1. Kitab fil Al-jam wa Tafrik (tentang penambahan dan pengurangan)

  2. Kital Al-Khataya (tentang dua kesalahan)

  3. Liber Abacci yang mengandung pengetahuan tentang bilangan bulat dan pecahan, cara berhitung akar 2 (kuadrat) dan akar 3 (kubik), dll.


 

  1. D.      BIDANG ASTRONOMI

    1. Musa Ibrahim Al-fazari




Musa Ibrahim Al-Fazari adalah astronom muslim yang ditugaskan oleh Khalifah Abu Ja’far Al-Manshur untuk menerjemahkan berbagai risalah astronomi yang berasal dari India. Pada tahun 830 M para astronom muslim telah mampu membuat teropong bintang dengan peralatan yang lengkap di kota Yundhisyapur, Iran, sebagai perlengkapan sekolah tinggi ilmu pengetahuan di sana.

  1. Al-Farghani


Ia adalah seorang astronom yang hidup pada zaman Khalifah Al-Makmun sampai masa Khalifah Al-Mutawakkil. Al-Fragani turut ambil bagian dalam pengukuran derajat lintang bumi. Ia mulai melakukan observatorium astronomi pada tahun 829 M. karya-karya besar Al-Farghani adalah Harakat As-Samawiyah An-Nujum (asas-asas ilmu bintang), dan Usul Ilmu An-Nujum (pengantar ilmu perbintangan).

  1. Al-Battani (858 M-929 M)


Al-battani merupakan penerus Al-Farghani dalam melakukuan observasi-observasi astronomi pada observatorium yang dibangun Khalifah Al-Makmun. Di antara karya-karya Al-Battani antara lain:

  1. Kitab Ma’firat Matali Al-buruj fi Ma Bayna Arba’ Al-Falak, sebuah buku ilmu pengeetahuan mengenai zodiac.

  2. Risalah fi Tahkik Akdar Al-Ittisalat, sebuah uraian mengenai penerapan-penerapan astrologis.

  3. Az-Zij (Astronomical Treatese and Tables), berisi uraian astronomi dan dilengkapi dengan table-tabel.


 

  1. E.       BIDANG BAHASA DAN SASTRA

    1. Ibnu Maqaffa (720 M- 756 M)




Ibnu Muqaffa adalah pengarang Arab berkebangsaan Persia. Ia adalah orang pertama yang menerjemahkan karya sastar tentangkebudayaan India dan Persia kedalam bahasa Arab, dan orang pertama yang melahirkan karya prosa dalam bahasa Arab.

  1. Imam Sibawayh


Imam Sibawayh dikenal sebagai Imam ahli nahwu yang sangat teliti dan konsisten menjaga dan memelihara kaidah bahasa Arab. Kitab besar karyanya adalah “Kitab Al-Sibawayh” yaitu karya tentang ilmu bahasa, yang dinilai sangat memuaskan bagi generasi berikutnya.

  1. Abu Nuwas (762 M-813 M)


Abu Nuwas adalah penyair Arab termasyur pada zaman Khalifah Harun Ar-Rasyid. Ia menjadi penyair di istana Khalifah. Syair-syair puisi Abu Nuwas dihimpun dalam Diwan Abu Nuwas. Diterbitkan di Wina Austria pada tahun 1885 M dan di Kairo pada tahun 1898 M dan 1932 M.

  1. F.        BIDANG TAFSIR AL-QUR’AN


Pada masa Abbasiyah bermunculan karya-karya di bidang tafsir yang dapat dipelajari oleh generasi berikutnya. Adapun ulama tafsir tersebut antara lain:

  1. Imam Zamakhsyari


Karyanya Tafsir Al-Kasyaf. Tafsir ini disusun berdasarkan gaya bahasa Al-qur’an (balagah).

  1. Imam Abu Sa’id


Karyanya Tafsir Al-Baidawi dan Tafsir Anwarut Tanzil. Tafsir ini memiliki corak yang sama dengan Tafsir Al-Kasyaf.

  1. Imam Az-Zajad


Karyanya Tafsir Ma’anil Qur’an. Tafsir ini berdasarkan gramatika bahasa Arab.

  1. G.      BIDANG HADITS

    1. Imam Bukhari (810 M- 870 M)




Di antara karyanya yang popular adalah:

  1. Sahih Bukhari, berisikumpulan 8.122 hadits pilihan yang berhasil dihimpunnya selama 16 tahun, dan hasil dari 600.000 hadits yang pernah ia terima dari gurunya.

  2. Tarikh kabir, tentang ilmu hadits

  3. Tarikh Ausat, tentang ilmu hadits.

    1. Imam Muslim (810 M- 870 M)




Diantara karyanya adalah:

  1. Sahih Muslim, kitab ini berisi 7.273 hadits pilihan hasil seleksi ketat dari 300.000 hadits.

  2. Musnad Kabir, berisi tentang kumpulan hadits dan ilmu hadits.

  3. Jami’ul Kabir, berisi tentang kumpulan hadits.

    1. Imam Abu Daud (817 M- 889 M)




Karya beliau yang terpopuler adalah Sunan Abu Dawud. Kitab ini menghimpun 4.800 hadits hasil seleksi ketat dari 500.000 hadits.

  1. Imam Tirmidzi (824 M- 892 M)


Karya beliau yang popular adalah Sunan Tirmidzi yang memuat 3.956 hadits pilihan yang merupakan hasil seleksi yang ribuan hadits yang diterimanya.

 

 

 

 

 

HASIL ANALISIS


Setelah mempelajari materi Sejarah Kebudayaan Islam, maka hasil analisa kami adalah sebagai berikut:

  1. Meteri secara keseluruhan sesuai dengan kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).

  2. Alur pembahasan materi sudah sistematis. Diawali dengan sejarah berdiri, kemudian perkembangan kebudayaannya, dan yang terakhir yaitu masa berakhirmya/masa keruntuhan.

  3. Ruang lingkup pembahasan dijelaskan secara menyeluruh.

  4. Kelebihan dari buku panduan yang digunakan antara lain:

    1. Pada setiap bab terdapat Ensiklopedi Mini yang dapat membantu peserta didik dalam pemahaman istilah-istilah tertentu.

    2. Terdapat rangkuman pada setiap akhir pembahasan, sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi.

    3. Pada setiap bab terdapat beberapa evaluasi, sehingga dapat dijadikan tolak ukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan.




 

REKOMENDASI


Setelah mengemukakan hasil analisa seperti tersebut di atas, maka kami merekomendasikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Materi Sejarah Kebudayaan Islam merupakan materi yang dianggap membosankan bagi sebagian besar peserta didik, maka perlu diadalkan inovasi dalam proses pembelajaran, misalnya dengan beralih ke metode pembelajaran yang lain, selain metode ceramah.

  2.  Dalam akhir penyampaian materi, pendidik sebaiknya memberikan ‘ibrah/pelajaran yang dapat diambil dari sejarah masa lalu guna perbaikan di masa datang.


 

 

 

2 komentar:

  1. It is perfect time to make some plans for the future and it's time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or advice. Perhaps you can write next articles referring to this article. I want to read even more things about it!

    BalasHapus
  2. Please let me know if you're looking for a writer for your blog. You have some really good articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine. Please shoot me an email if interested. Cheers!

    BalasHapus