Rabu, 30 November 2011

Kecerdasan Matematis-Logis

Kecerdasan ini adalah kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, pola berpikir logis dan ilmiah. Biasanya, kecerdasan ini dimiliki oleh para ilmuwan, filsuf, dan sebagainya.kecerdasan ini mempunyai dua unsure, yakni matematika dan logika kemudian dipadukan sehingga menjadi kecerdasan matematis-logis. Hal ini dikarenakan oleh keterkaitan diantara keduanya, bahakn keduanya sama-sama mengikuti hokum dasar yang sama, yakni konsistensi.

Untukpertama kalinya hukum logika dikemukakan oleh seorang filsuf Yunani, yaitu Aristoteles. Ia menjelaskan bagaimana argument disusun, bukti dan syarat dinyatakan, dan kesimpulan dibuat. Dari logika inilah lahir apa yang disebut dengan pemikiran ilmiah yang mensyaratkan timbulnya hipotesis berdasarkan pengamatan.

Hal ini disambut oleh para ilmuwan, dan mereka merancang percobaan secara khusus untuk menguji hipotesis tersebut. Dari pengujian ini lahir teori-teori ilmiah yang melahirkan berbagai teknologi tingkat tinggi. Atas dasar ini pula Howard Gardner  menyatakan bahwa kecerdasan ini yang paling penting.  Tetepi, dia tidak memandang bahwa kecerdasan ini yang paling utama daripada kecerdasan lainnya. Sebab, semua kecerdasan mempunyai keunggulan tersendiri.

                Selama ini anggapan orang mengenai kecerdasan matematis-logis masih sebatas pemahaman terhadap kemampuan berhitung semata. Padahal, menurut Gardner, kecerdasan ini mempunyai beberapa aspek, seperti kemampuan berpikir logis, memecahkan masalah,pola pikir deduksi-induksi, dan kemampuan mengenali pola dan hubungan.

                Secara sederhana anak yang mempunyai kecerdasan matematis-logis ditunjukkan pada tabel indikator sebagai berikut:






































No.UsiaIndikator Kecerdasan Matematis-Logis Anak
1.0-1 tahun

  • Mengenal benda

  • Mengenal warna


2.1-2 tahun

  • Mengenal bentuk

  • Mengenal rasa manis, pahit, dan asam

  • Mengenal bilangan 1 dan 2


3.2-3 tahun

  • Mampu mengelompokkan benda yang berbentuk sama

  • Mampu membedakan bentuk lingkaran dan persegi

  • Mampu membedakan rasa dan warna

  • Mengenal bilangan hingga hitungan 5


4.3-4 tahun

  • Mampu membedakan bentuk dan ukuran (besar-kecil, panjang-pendek)

  • Mampu mengurutkan angka 1-10

  • Mampu membedakan warna lebih banyak


5.4-5 tahun

  • Menunjukkan rasa ingin tahu mengenai sesuatu

  • Suka membongkar mainan untuk sekedar dilihat apa yang ada didalamnya dan kemudian dirangkai lagi

  • Suka mengurutkan sesuatu


6.5-6 tahun

  • Mampu mengurutkan bilangan 1 hingga minimal 50

  • Senang dengan permainan otak atik bilangan

  • Menyukai permainan komputer

  • Dengan mudah meletakkan benda sesuai dengan kelompoknya



 

Sumber: Suyadi.2009.Ternyata Anakku Bisa Kubuat Genius. Yogyakarta: Power Books. Hal  180-183.

 

3 komentar:

  1. It’s my first visit to this web site, and I am genuinely astonished to see such a pleasant feature YouTube video posted at this place.

    BalasHapus
  2. What's up to all, the contents present at this site are really amazing for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.

    BalasHapus